10/16/11

Linux and Android Live USB | Tutorial

Meluangkan waktu sedikit untuk menyumbangkan ilmu yang saya punya hehe . Kali ini saya mau memberikan tutorial menginstal Linux dan Android ke dalam sebuah flashdisk. Live USB adalah cara agar suatu Sistem Operasi dapat dijalankan pada external HD atau FlashDrive. Misalnya, OS Ubuntu yang bisa di boot melalui FlashDisk. Trik ini saya ketahui dari teman saya, dan sekarang sudah sa

ya pelajari lebih jauh. Langsung aja :

Yang dibutuhkan
1. LiLi.
2. OS Linux / Android
3. Flash Disk / HD External . min 4Gb.

caranya
1. Install software LiLi yang tadi sudah di download, kemudian jalankan programnya. Jangan lupa untuk memasukkan HD / FD yang sudah disediakan tadi.

Beginilah tampilan awalnya

2. Pertama, pilih drive mana yang ingin diinstal Live USB . Misalnya drive I: (fd saya).


3. Setelah pilih drivenya, sekarang masukan path file OS yang akan diinstal. Ada 3 pilihan, yang pertama yaitu file yang berbentuk kompressan/image, yang kedua install OS melalui CD, dan yang ketiga download OS langsung (must have internet). karena pada tutorial ini saya menggunakan file image, jadi pilih image. Yang saya gunakan adalah image backtrack 4 .

v
v

4. Selanjutnya, pada step 3. Kita diharuskan menyediakan sisa memory yang dibutuhkan agar pada saat digunakan perubahan yang dilakukan pada live USB bisa tersimpan. Dengan kata lain, persistence alias bukan live usb saja. Sediakan minimal 2 Gb saja, itu kalo menurut kalian cukup. Makanya saya sarankan untuk gunakan FlashDisk min 4 Gb.
5. Step terakhir, tinggal kalian utak atik optionnya jika sudah selesai, klik lambang petir untuk memulai install. Tunggu sampai selesai. Jika sudah selesai, reboot pc kalian, kemudian boot melalui flashdisk.

Saya sudah berkali-kali mencoba , dan working semua. Untuk androidnya saya belum coba di flashdisk, tapi kemungkinan bisa karena Android juga basisnya dari Linux . Silahkan mencoba !


*nb: yang gamau nunggu lama buat download backtrack/ubuntu . khusus daerah saya, bisa ketemuan buat minta datanya. free.

0 comments:

Post a Comment

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))