4/20/10

Mengganti Icon Folder Didalam FD


Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana mengganti icon folder secara manual pada folder yang ada di dalam FLASHDISK. Caranya gampang, kita Cuma butuh flashdisk dan juga icon pastinya. Hhehe, gimana dapet iconnya ?? tenang, saya udah sediakan. Atau silahkan download di vista icon . Saya menemukan trik ini tanpa sengaja, setelah mengutak atik folder yang diganti icon folder ny menggunakan tools. Saya iseng merubah rubah isi di desktop.ini ny karena jika saya masukkan ke computer lain iconnya tidak berubah.. ehehe. Dan pada akhirnya saya bisa mengatasinya. Oke check it out :

Yang kita butuhin

  • Program BATCH yang saya buat (untuk menghidden permanent desktop.ini)
  • Command Prompt (pasti tau ya ^^)
  • Icon yang dibutuhkan (kali ini saya menggunakan icon MAC)
  • Sedikit keterampilan menggunakan perintah DOS
  • FlashDisk dan Folder target


Step By Step

Buka folder yang ingin kamu pakai buat mengganti iconnya. Misalkan yang saya pake folder bernama LATIHAN. 

Letakkan Icon yg ingin dipakai di folder yg ingin diganti iconnya. Misal lagi nih saya pake icon mac.ico maka sya naro mac.ico di folder LATIHAN. Terus buka notepad ketik :

[.ShellClassInfo]
iconfile=\LATIHAN\mac.ico
iconindex=0

penjelasan :

\LATIHAN\. . . = adalah tempat kita menyimpan icon tadi. Jika kamu menyimpan iconnya di folder lain, maka ketiklah folder tersebut. Missal \REYSDESIGN\ . . .
\. . .\mac.ico = adalah nama icon yang kita pilih. Ingat harus sesuai dengan nama icon.

Jika sudah selesai silahkan save as dengan nama desktop.ini di folder LATIHAN tadi.

Selesai membuat desktop.ini sekarang kita ke command prompt (win + r) cmd.

Silahkan masuk ke drive FD kalian melalui CMD. Misalkan FD kalian berada pada drive I: maka

Ketik “I:” di CMD


Jadinya

Nah udah masuk ke FD kita sekarang tinggal mengganti attribute dari folder LATIHAN. Ketik :
. . ./>attrib +s +a LATIHAN



Penjelasan

Attrib = adalah perintah pada DOS
+s = merubah atribut menjadi atribut system
+a = merubah atribut menjadi archive

- Nah kalo udah selesai kita lihat hasilnya dan tadaa… folder LATIHAN saya tadi berubah menjadi icon MAC. Look !!

SEBELUM


Sesudah Hasilnya begini !



Nah, tutorial selesai. Silahkan kalian kembangkan, saya kasih kunci ya. Ingat ini bisa digunakan di drive apasaja bukan di flashdisk saja. Satu lagi, saya nyobanya di XP loh, tapi mungkin bisa berlaku di Vista atau Windows 7.


ilmu bisa didapat dimana saja ^^

download kumpulan icon (14 Mb)
download hidden_desktop.ini (1 Kb)

0 comments:

Post a Comment

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))